Rabu, 03 Agustus 2011

Bahan dan Alat Flanel Craft

Cara memulai membuat flanel craft adalah sediakan dulu bahan dan alatnya. Bahan dasar yang harus ada tentu saja kain flanel :D, jarum, benang dan lem.

1. Kain Flanel
Beli aja dulu warna sesuai kebutuhan. Harganya sekitar Rp 16.000,- s/d Rp 17.000,- per meter.




2. Benang sulam / benang jahit


3. Jarum jahit
Kalau memakai benang sulam, pilih jarum yang lubangnya agak gede, biar gampang masukin benangnya.
Satu set murah kok cuma Rp 2.500,-, Saranku pilih aja yang kualitasnya bagus sekalian, ujung tempat lubang jarumnya terbuat dr kuningan ( berwarna kuning emas ).
Pengalaman kalo gak bagus, pas di lubangnya itu gak benar-benar bolong, alias ada sisa potongan besinya, jadi masukin benangnya payah gitu, mata jadi merem melek... ;D.
Yang murah harga Rp 1.000,- ( gambar yang bulat di bawah ), yang bagus ( pack warna merah )
 
4. Lem 
Ada dua macam, bisa pakai lem UHU atau lem tembak.
Pemakaian tergantung kesukaan dan kebutuhan. Kalau lem tembak lebih cepat kering, namun bagi yang belum pengalaman perlu hati-hati karena kalo kena tangan panas.
Alat seperti tembak di-colokin ke listrik, lem nya sendiri berupa batangan seperti lilin.
Harganya sekitar Rp 35.000,-

5. Gunting.
Gunting digunakan untuk memotong kertas pola dan juga kain flanel.
Gunakan gunting yang tajam agar hasil potongan rapi.
Baiknya lagi gunting kain dikhususkan untuk kain saja, tidak dipakai gunting kertas, ntar bisa tumpul.
Untuk variasi tepian ada juga gunting gerigi. Beli aja yang dari besi harganya sekitar Rp 55.000,-.
Kalo dari plastik ga kuat untuk gunting kain bisanya untuk kertas aja.

6. Kertas / karton
Kertas bisa pakai tipis, bisa pakai tebal : karton. Tergantung kesukaan, tergantung teknik pemotongan.
Ntar teknik dan tips pemotongan bisa lihat pembahasan lebih lanjut pada posting selanjutnya ya.
Kertas/karton bisa cari yang bekas aja, jadi murmer / murah meriah  gitu deh sambil go green...  :D

7. Alat dasar lain adalah pensil / bolpen, penggaris dan jangka.
* Pensil / bolpen jelas untuk gambar kan ya, pada kertas ataupun pada kain flanel.
Untuk flanel gelap kalo bolpen biasa tidak kelihatan. Jadi triknya bisa pakai bolpen warna / gliter yang perak gitu. Beres deh.. :)
* Penggaris untuk mengukur
* Jangka untuk buat bulatan, biar bisa bundar sempurna. Kalo pake gelas gitu juga bisa tapi ntar kesulitan  ukur diameternya, jadi ga standart gitu deh.. :)


Foto semua alat-alatnya bisa lihat di sini nih ...

Aneka aksesoris pendukung lain, sesuaikan dengan kebutuhan, mau buat apa gitu. Bisa aksesoris, tempat tisue, kue tart, tas, souvenir, dll. Browsing aja bisa dapat banyak inspirasi dan bikin ngiler gitu deh... ;)

Beberapa diantaranya :
a. pita
b. jepit rambut / hair clip, bando, karet rambut, bros, magnet
c. gantungan HP, gantungan kunci
d. monte
e. toples, tempat tissue, dll

Sesuaikan semuanya dengan barang yang akan kita buat. Kembangkan kreatifitas..  :).
Kalau masih bingung juga beli bahan dan alatnya di mana.. aku bantu juga bisa, nyambi jualan nih hehe.. hubungi via sms ya 083834646418.
Yok bikin yook.. :D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar